Nikmati Internet Tanpa Batas dengan IndiHome Fiber Optik

Nikmati Internet Tanpa Batas dengan IndiHome Fiber Optik - Perkembangan zaman sudah sangat pesat di era digital seperti sekarang ini, hal ini ditandai dengan semakin mudahnya berkomunikasi dengan satu sama lain tanpa menghiraukan jarak yang sangat jauh. Dengan Internet sekarang komunikasi menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih efisien. Internet sudah banyak digunakan hampir di semua kalangan, baik di Kantor, Sekolah, Universitas dan bahkan di rumah-rumah sudah bisa menikmati Internet.
Berbicara mengenai Internet, pastinya juga berbicara mengenai profider yang menyediakan pelayanan Internet. Salah satu profider yang menyediakan pelayanan Internet yaitu TELKOM. Banyak pelayanan telkom di bidang pelayanan Internet ini, baik melalui kabel telepon, tembaga dan lain sebagainya.

Baru-baru ini ada program baru yang disediakan oleh TELKOM, yaitu jaringan IndiHome yang terintegrasi dengan Fiber Optik. Dengan jaringan fiber optik maka koneksi akan lebih cepat dari biasanya dengan bandwith mencapai 100Mbps. Dengan koneksi yang begitu cepat maka segala urusan di dunia maya menjadi lebih cepat pula.. Dengan catatan koneksi tersebut digunakan untuk hal-hal yang positif.

Pemasangan Jaringan Fiber


Kemarin, tepatnya tanggal 6 April 2015 Telecenter Global Pamekasan melakukan pemasangan jaringan Fiber Optik, diawali dari jaringan tembaga yang sering macet, terkadang juga gangguan sehingga karyawan TC Global berinisiatif untuk transfer dari jaringan Tembaga ke Fiber Optik.

Proses pemasangan jaringan fiber optik ini menurut saya sangat canggih (bagi saya yang hanya orang desa). Ini pengalaman pertama saya melihat pemasangan jaringan Fiber. Petugas dari Telkom ditemani Saya, Berri Anam, Rhosy Tux dan Ofeck melakukan pemasangan Fiber di TC.
Proses sebelum penyambungan serat Fiber
Proses sebelum penyambungan serat Fiber
Hal yang menurut saya unik dan menarik, yaitu ketika melakukan penyambungan dari kabel fiber yang dari tiang dengan yang akan disambungkan ke Modem. Karena harus sangat hati-hati dan harus teliti, karena jika salah sedikit konfigurasi akan gagal. Dan benar sekali padapemasangan kemaren pada saat penyambungan kedua serat fiber tersebut mengalami beberapa kali kegagalan sebelum akhirnya berhasil tersambung.
Proses Penyambungan Kedua Serat Fiber Optik
Proses Penyambungan Kedua Serat Fiber Optik

Hal lainnya yang unik menurut saya, pada saat salah satu petugas yang melakukan pemasangan kabel menceritakan bahwasanya serat kaca yang ada di dalam kabel itu sangat berbahaya sekali. Entah itu benar atau tidak yang pasti saya kurang tahu. Beliau bilang bahwasanya jika tertusuk serat fiber tersebut akan mengalami sakit yang lumayan parah dan bisa-bisa menyebabkan kematian. (Setidaknya itu yang saya tangkap dari pemaparan teknisi Telkom tersebut).

Terlepas dari itu Treima kasih yang sebanyak-banyak nya kepada para Petugas dari Telkom yang sudah bersedia memasang jaringan Fiber Optik di Telecenter Global Pamekasan. Semoga berkah.
Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak