Air Terjun Madakaripura yang Mempesona

Air Terjun Madakaripura

Jauhnya destinasi tempat wisata dari rumah membuat saya sedikit kurang tertarik untuk pergi kemana-mana. Biasanya hanya berdiam diri di Rumah sambil menikmati pemandangan sekitar yang masih sangat alami. Sesekali mengunjungi tempat-tempat wisata yang masih cukup dekat dengan Rumahku yang di Probolinggo.

Sempat terbesit di kepala untuk mengunjungi Wisata Air Terjun Madakaripura. Sebuah lokasi wisata yang sudah saya impikan untuk mengunjunginya sejak dua tahun yang lalu. Karena keterbatasan waktu saat mudik, juga karena dana untuk mengunjungi air terjun nan indah tersebut masih kurang sehingga saya selalu menunda untuk mengunjunginya.

Sampai beberapa waktu yang lalu...

Alasan utama saya mengunjungi Air terjun Madakaripura ini adalah karena saya mudik ke Probolinggo menggunakan motor. Biasanya setiap mudik kesini selalu menggunakan bus, sehingga untuk pergi kemana-mana kurang leluasa (juga tergantung dana sih..)

Pagi-pagi buta saya dibangunkan oleh nenek dan disuruh untuk lekas bersiap balik ke Madura. Dua minggu di Probolinggo cukup lah untuk melepas kerinduan saya kepada Kakek dan Nenek. Aku langsung bergegas mandi dan sarapan sebelum siap-siap belik ke Madura. Semuanya sudah dipersiapkan. Langsung berpamitan kepada Kakek dan Nenek, serta para tetangga dan kemudian saya dan adik saya langsung berangkat.

Sesampainya di Tongas saya tidak sengaja melihat papan yang bertuliskan "Air Terjun Madakaripura". Saya langsung menghentikan motor saya. Sempat terbesit di kepala "Ini air terjun yang saya impikan sejak 2 tahun lalu, masak mau lewat lagi?"

Setelah berunding dengan adik saya, maka langsung kita memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Kita langsung putar balik dan mengikuti jalan menuju ke Madakaripura. Terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Setelah satu jam perjalanan (Sekitar 45 km dari Jalan Raya Tongas) maka saya sampai di pintu masuk Wisata Air Terjun Madakaripura. Dengan membayar tiket Rp 5.000,- per orang (cukup terjangkau) maka saya langsung melanjutkan perjalanan menuju lokasi air terjun yang berjarak sekitar 5 km sebelum sampai di tempat pemberhentian terakhir sekaligus menjadi tempat parkir kendaraan.
Patung Gajah Mada
Patung Gajah Mada Menyambut Kami
Setelah beristirahat dan menyeruput kopi panas di pagi yang cukup dingin maka kami langsung melanjutkan perjalanan. Dari Pemberhentian terakhir ini perjalanan hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 1,3 KM.

Walaupun berjalan kaki sejauh itu capeknya tidak terasa karena sepanjang perjalanan kita dimanjakan oleh pemandangan tebing tinggi nan cantik dan hijau. Juga ditemani dengan riak air yang mengalir dari air terjun Madakaripura.
Pemandangan Tebing sepanjang perjalanan
Sesampainya di Air Terjun Madakaripura, kalimat pertama yang terucap adalah "Subhanallah dan Alhamdulillah" begitu indah Allah menciptakan air terjun yang seindah ini. Air terjun yang tingginya mencapai 200 meter merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa serta tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo
Melihat pemandangan yang sangat menakjubkan ini maka langsung saya tidak melewatkan sesi terpenting dalam perjalanan ini, yaitu dokumentasi (baca:foto-foto). Dengan kamera seadanya saya langsung memotret setiap keindahan dari air terjun yang disebut-sebut dengan "Air Terjun Abadi" ini.

Dinginnya air terjun ini membuat saya betah berlama-lama di tempat ini. Sesekali saya berdiri di bawah air yang sedang jatuh dari tebing setinggi 200 meter tersebut. Air terjun ini terus-menerus mengalirkan curah air bepadu indah dengan lumut berkilauan akibat terkena sinar matahari.

Setelah puas bermain air di Air Terjun Madakaripura, maka saya langsung bergegas kembali untuk melanjutkan perjalanan pulang ke Madura. Sungguh ini pengalaman yang sangat menakjubkan.

We will be back..!!
Selamat berakhir pekan...
Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak