5 Pondok Pesantren Terkenal di Kabupaten Pamekasan

inilah pondok pesantren terbaik di Pamekasan, pondok pesantren terkenal di Pamekasan, daftar pondok pesantren terbaik di Madira, 5 Pondok Pesantren Terkenal di Kabupaten Pamekasan

5 Pondok Pesantren Terkenal di Kabupaten Pamekasan | Umar Fadil
5 Pondok Pesantren Terkenal di Kabupaten Pamekasan | Umar Fadil

Bismillahirromanirrohim.
Pulau Madura. ya, pulau kecil di bagian timur pulau jawa ini masih sangat kental sekali kebudayaan islamnya, terbukti dengan banyaknya Ulama-ulama yang termasyhur dari Madura, banyaknya pondok pesantren baik pesantren kecil dan pesantren besar yang tersebar di seluruh Madura.

Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu Kabupatan di Madura yang banyak tersebar pesantren baik yang salaf maupun pesantren modern. Ada beberapa pesantren juga yang sudah terkenal dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Indonesia. Berikut 5 Pondok Pesantren terbaik yang ada di Pamekasan :

5 Pondok Pesantren Terkenal di Pamekasan

1. Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar

Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan | Umar Fadil
Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan | Umar Fadil

Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar adalah pondok pesantren tertua di Madura, didirikan pada tahun 1787 M/1204 H oleh KH. Itsbat bin Ishaq diatas sebidang tanah yang sempit dan gersang yang kemudian disebut dengan "Banyuanyar". Penamaan "Banyuanyar" ini atas dasar penemuan sumber mata air yang cukup basar oleh KH. Itsbat yang tidak pernah surut sambai sekarang. Di tempat ini KH. Itsbat bin Ishaq mengajarkan ilmu agama kepada para santrinya dengan penuh kesabaran.

Setelah Beliau wafat, beliau maninggalkan amanah suci agar lokasi pesantren kecilnya dikembangkan menjadi Pondok Pesantren yang representatif dan mampu menjawab segala tantangan zaman.

Dengan visi ingin melahirkan generasi Muslim yang berakhlaqul karimah, berilmu amaliyah dan beraman ilmiyah, Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar terus berusaha mengajarkan pendidikan agama islam, mengembangkan sikap akhlakul karimah s]untuk mencapai visi tersebut dengan motto "Tidak ada kebahagiaan kecuali ilmu yang bermanfaat dan taqwa kepada Allah taala, karena hal itu yang akan menyebabkan kesuksesan dan kemuliaan di dunia dan akhirat". Maka sampai saat ini sudah ribuan satri yang ingin belajar di Pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar ini.

Pondok pesantren Darul Ulum Banyuanyar ini bisa jadi pilihan pertama jika anda atau putra-putri anda ingin belajar lebih dalam lagi tentang agama islam dan ingin bahagia dunia akhirat.

2. Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-bata

Pondok Pesantren Mambaul Ulum bata-bata Pamekasan | Umar Fadil
Pondok Pesantren Mambaul Ulum bata-bata Pamekasan | Umar Fadil

Pondok pesantren Mambaul Ulum Bata Bata didirikan oleh RKH .Abd Majid bin Abd Hamid bin RKH Itsbat, Banyuanyar pada tahun 1943 M / 1363 H. Kepemimpinan RKH Abd Majid berlangsung selama 14 tahun terhitung mulai tahun 1943 M sampai dengan 1957 M. Beliau Wafat pada tanggal 6 Syawal 1364 H/ 1957 M dengan jumlah santri yang telah mencapai 700 orang.

Saat ini Pondok Pesantren yang ada di Dusun Bata-Bata, Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Pamekasan ini sudah memiliki ribuan santri yang tidak hanya berasal dari lokal Pamekasan, namun ada juga yang berasal dari luar kotah dan dari luar Madura juga.

Pondok Pesantren ini mengalami perkembangan yang sangat pesat setiap tahunnya, baik dari jumlah santri atau pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan. yaitu dengan didirikannya beberapa Lembaga Pendidikan : Madarasah Ibtidaiyah (MI) tahun 1962, Madrasah Tsanawiyah (MTS) tahun 1970, Madarasah Aliyah (MA) tahun 1977.

3. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen Pamekasan | Umar Fadil
Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen Pamekasan | Umar Fadil

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen yang berada di Kampung Panyepen, Dsa Potoa'an, Kecamatan Palengaan, Pamekasan ini didirikan pada tahun 1827 Nashruddin ibn Itsbat. Disamping itu,  beliu merintis pula Pondok Pesantren Banyu  Ayu, Pondok Pesantren Sumber Arasy, Pondok Pesantren  Miftahul Ulum Bettet, di kota Pameaksan, Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyu Putih Kidul Lumajang.

Pada periode sekarang ini, banyak sekali kemajuan yang dicapai oleh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen, seperti yang bisa kita lihat sekarang, baik fisik maupun non fisik. Di antara kemajuan non fisik yang telah dicapai adalah berdirinya pendidikan lanjutan formal, berupa Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah sebagai pengembangan dari system wathon ke system klasikal, bahkan pada tahun 1980 dimulai pula SMP Al Miftah dan pada tahun 1985 SMA Al Miftah, lalu Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) Jurusan Dakwah dan Syari'ah sejak 1995 dan Jurusan Tarbiyah sejak 2007. Semuanya berstatus diakui. Walaupun demikian system salaf, seperti kuliah kitab kuning, tartil Al Qur an dan system wathon tetap dipertahankan sebagai upaya melestarikan system dan ciri-ciri halaqoh yang berlaku sejak Rosulullah SAW.

4. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan | Umar Fadil
Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan | Umar Fadil

Nah untuk Pondok Pesantren yang satu ini adalah pondok pesantren dimana saya tengah melajutkan Kuliah saya. Yups Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet. Bertempatkan di Jalan Bettet Pamekasan pondok peesantren ini berdiri. Didirikan pada tahun 1912 oleh Almarhum RKH. Sirojuddin dengan niat awal untuk menyebarkan agama islam di Madura dan untuk mengusisr penjajah waktu itu. Sampai saat ini jumlah santri yang mondok di Ponpes Miftahul Ulum betet sekitar 10.000 santri.

Para santri di Pesantren ini mendapatkan pendidikan yang mencukupi untuk menjadi insan yang berguna kelak ketika keluar da ponpes ini. diantaranya Nahwu, Fiqih, Sorrof, Salaf dan banyak lagi yang lainnya. Dan tak lupa pula para santri diajari untuk menggunakan bahasa Madura yang halus dan bahasa Arab serta bahasa inggris.

Selain dibekali dengan ilmu-ilmu keagamaan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet ini juga diberikan ilmu terapan yaitu berternak, berkebun dan pertanian dengan cara langsung menurunkan santrinya untuk melakukan kegiatan tersebut sampai akhirnya santri-santri dapat mengetahui ilmu pertanian.

Sampai saat ini Ponpes Miftahul Ulum sudah mempunyai lembaga pendidikan SD, MI, MTs, MA dan Universitas Islam Madura. Semua kelas dilengkapi sarana Lab Bahasa, Komputer dan internet gratis 24 jam dengan terkontrol.

Sementara di luar daerah, Ponpes Miftahul Ulum juga sudah memiliki cabang di Banjarmasin (Kalsel) yang didirikan sejak 1982. Sampai saat ini sudah memiliki 1.500 santri dan sudah memiliki tiga lembaga pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah

5. Pondok Pesantren Miftahul Qulub, Polagan

Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan Pamekasan | Umar Fadil
Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan Pamekasan | Umar Fadil

Pondok pesantren “ MIFTAHUL QULUB dirintis oleh kyai Fadloli siraj sekitar 41 tahun silam 1960. Pondok pesantren Miftahul Qulub memberikn pengajaran dan pendidikan bagi masyarakat desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan beliau mendirikan masjid sebagai puasat pendidikan bagi para santri nya, yang selanjutnya masjid tersebut di jadikan sebagai pusat segala  macam kegiatan ke’agamaan di kota Pamekasan Kyai Fadloli siraj adalah putra darin Kyai Sirajudin bin Nashirudin dari Desa Bettet Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan.

Santri beliau semakin hari semakin bertambah baik santri yang datng dari masyarakat kota pamekasan maupun santri yang datang dar luar kota pamekasan untuk belajar agama dan membaca Al-qur’an.

Apa yang di rintis beliau inilah yang menjadi cikal bakal dari pondok pesantren Assalafy “ MIFTAHUL QULUB “ Setelah beliau wafat tugas nya di gantikan dan di lanjutkan oleh Drs. K.H salehoddin yang bertempat tinggal di sebelah utara lokasi pondik pesantrenn, kira-kira 100 meter. Beliau inilah yang selali mnedampingi K.H Fadloli siraj semasa hidup Nya

Itulah 5 Pondok pesantren terbaik yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura. Bukan berarti pesantren yang lain tidak masuk kategori terbaik ya, semuanya juga terbaik kok. Maju terus pesantren di Pamekasan Madura.

Sumber :

www.banyuanyar.com
bata-bata.net
http://smaalmiftahpmk.blogspot.com/

Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak