DevCSBY - Belajar API Lumens dan Basic React Native

Setelah Facebook meluncurkan program barunya yaitu "Developer Circles", aku bergabung dengan Facebook Developer Circles Surabaya. Apakah Developer Circles in adalah sebuah komunitas? Tidak, melainkan DevC ini sebagai jembatan bagi semua komunitas di dunia untuk saling terhubung dan berbagi tentang teknologi-teknologi Facebook dan teknologi yang lagi trending saat ini kepada sesama.
Setelah Facebook meluncurkan program barunya yaitu "Developer Circles", aku bergabung dengan Facebook Developer Circles Surabaya. Apakah Developer Circles in adalah sebuah komunitas? Tidak, melainkan DevC (begitulah Facebook Developer Circles biasa dipanggil) ini sebagai jembatan bagi semua komunitas di dunia untuk saling terhubung dan berbagi tentang teknologi-teknologi Facebook dan teknologi yang lagi trending saat ini kepada sesama.

Api lumens dan basic react native
Belajar lumens dan react native dasar

Beberapa waktu yang lalu aku juga ikutan Meetup DevC yang ke sekian kalinya. Kali ini meetup DevC diadakan di SMKN 1 Surabaya. Ada dua pemateri yang membagikan "VITAMIN" nya kepada kita-kita. Ahmad Fatoni (Software Developer di iVideoSmart Pte Ltd, Singapore) akan share tentang "Membuat webservice API menggunakan Lumens", dan Nila Wilda AL Aluf (Front End Developer Pinjam.co.id) yang membagikan "Basic React Native".

Meetup dimulai dengan sambutan dari SMKN 1 Surabaya yang disusul dengan materi pertama oleh Mas Fatoni. Mas Fatoni menjelaskan cara membuat Simple API menggunakan Lumens dengan cukup jelas. Ditambah lagi dengan langsung praktek cara membuatnya membuat kita sedikit banyak memahami cara membuat API sederhana menggunakan Lumens. Ingin tahu cara membuat API dengan Lumens juga? Nih aku kasih link tutorial meetup kemarin

[Create Simpe API with Lumens]

Materi API Lumens oleh Fatoni - Umar Fadil
Materi API Lumens oleh Fatoni - Umar Fadil

Peserta terlihat antusias mengikuti workshop - Umar Fadil
Peserta terlihat antusias mengikuti workshop - Umar Fadil

********* ISHOMA *********

Setalah istirahat dan sholat dhuhur, giliran Nila memberikan vitamin tentang React Native. Nila share tentang React Native cukup detail mulai dari proses instalasi, membuat project baru, mengenalkan react component dan styling, serta terakhir membuat project yang berhubungan dengan materi sebelumnya yaitu bagaimana cara mengambil data dari API yang dibuat oleh Mas Fatoni.


Basic React Native Oleh Nila - Umar Fadil
Basic React Native Oleh Nila

Peserta masih bersemangat mengikuti workshop - Umar Fadil
Peserta masih bersemangat mengikuti workshop - Umar Fadil

Yah begitulah sedikit ceritaku tentang Meetup Facebook Developer Circles Surabaya. DevC Surabaya mengadakan meetup seperti ini tiap bulan lho, jadi mari kalau mau ikutan meetup selanjutnya. Kali aja teman-teman juga mau ikutan berpartisipasi menjadi salah satu speaker di DevC Surabaya.

Dan Acara diakhiri dengan cangkruk untuk mempererat slaturahmi antar member DevC.

Cangkruk untuk mempererat silaturahmi antar anggota
Cangkruk untuk mempererat silaturahmi antar anggota - umar fadil

Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak