Surabaya WordPress Meetup #4: Mendesain Website dengan Divi

page builder yang dikembangkan oleh pengembang tema kawakan, ElegantTheme. Penggunaan page builder pada WordPress akan mempermudah dan mempercepat proses pembuatan tema dan website. Builder ini memungkinkan kita untuk membuat desain halaman yang indah tanpa pernah menyentuh satu baris kode. Yupz inilah "Divi".
Mendesain Website dengan Divi
Mendesain Website dengan Divi

Sebenarnya aku ini bukan WordPress user sih, dan sebelumnya juga aku belum pernnah dengan kalau ada komunitas WordPress di Surabaya, aku mah tahunya hanya komunitas BLOGGER saja. Ya, namanya juga blogger kita ngga terlalu mempermasalahkan platform apa yang mereka pakai sebagai rumah di dunia maya.

Kemarin (22, Agustus 2017) Komunitas WordPress Surabaya mengadakan Meetup yang ditempatkan di Gerdhu (Gedung Digital Creative Hub) Surabaya. Lalu kenapa aku bisa ikutan padahal bukan WordPress user dan tidak tahu komunitas WordPress Surabaya?

Jadi ceritanya aku tahu event ini melalui teman di grup Whatsapp Blogger Plat Madura, dimana salah satu anggota Plat-M share tentang meetup ini. Nah, aku iseng tuh daftar melalui link dari meetup.com yang mereka share. Akan tetapi aku masuk waiting list (dan beberapa hari berikutnya dapat email kalau kuota sudah penuh).

Lalu kenapa tetap bisa ikutan?
Jawabannya karena diriku bekerja ditempat yang satu gedung dengan Gerdhu. Aku bekerja sebagai Android developer di salah satu perusahaan IT Consultant yang bergerak di bidang "e-Goverment". dan kebetulan kemarin peserta meetup yang hadir tidak terlalu banyak, jadi untuk lebih memeriahkan acara maka aku ikutan nimbrung di meetup tersebut (walaupun ngga pake daftar).

Oke sip, sekarang kita bahas tentang WordPress Meetup Divi.
Meetup dimulai jam 19.00 (telat satu jam dari jawal), karena memang Surabaya kalau sore menjelang petang biasanya macet. Dibuka oleh mas Thoriq Firdaus selaku Event Organizer di meetup ini. Mas Thoriq sedikit mejelaskan tentang komunitas WordPress yang ada di Surabaya dan bagaimana cara join di komunitas ini.

Pembukaan oleh mas Thoriq
Pembukaan oleh mas Thoriq - Umar Fadil

Materi tentang Divi Builder - Umar Fadil
Materi tentang Divi Builder - Umar Fadil

Selanjutnya, mas Andreansyah Setiawan mengambil alih, dia adalah seorang UI/UX desainer yang telah meggeluti profesi ini lebih dari 3 tahun. Sekarang dia bekerja di PT. Otak Kanan sebaga web desainer serta aktif sebagai seorang freelance dengan menggunakan Divi sebagai basis utama di setiap website yang ia desain.

Mas Andreansyah sharing tentang sebuah page builder yang dikembangkan oleh pengembang tema kawakan, ElegantTheme. Penggunaan page builder pada WordPress akan mempermudah dan mempercepat proses pembuatan tema dan website. Builder ini memungkinkan kita untuk membuat desain halaman yang indah tanpa pernah menyentuh satu baris kode. Yupz inilah "Divi". Selain tentang Divi, dia juga mengajak kita untuk mempraktekkan Divi Builder ini bersama-sama.

Peserta antusias mengikuti materi - Umar Fadil
Peserta antusias mengikuti materi - Umar Fadil

Dua jam telah berlalu, dan meetup kali ini ditutup dengan photo session dan networking session.

Photo session - umar fadil
Photo session - umar fadil
Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak