Belajar Design UI Material Design di GDG Surabaya 2nd Meetup

Start Surabaya adalah sebuah program inkubasi startup teknologi yang bertujuan mendorong anak muda Surabaya untuk meluncurkan bisnis dengan menciptakan solusi berbasis teknologi yang memiliki dampak, bertujuan untuk bermanfaat, dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat..

Belajar Design UI Material Design di GDG Surabaya 2015  - Pagi itu tanggal 10 April 2015, aku agak lupa dengan acara untuk menghadiri GDG Surabaya 2015. aku baru teringat kembali ketika aku membuka Facebook di Telecenter Pamekasan, dan aku sedikit terkejut kalo hari ini acara GDG Surabaya.
Spazio Building, Surabaya
Spazio Building, Surabaya
Jam 09.15 WIB aku berangkat dari Pamekasan menuju ke Bangkalan untuk janjian dengan tamanku "Maz Echo" yang kebetulan juga mau menghadiri acara keren tersebut. Sepanjang perjalanan perasaan sudah campur aduk antara takut gak sampe di Bangkalan sebelum jum'atan dan karena kondisi motor yang kurang fit dikarenakan kondisi ban yang sudah tipis.

Singkat cerita jam 12.30 kita ketemu di Jembatan Suramadu dan kita langsung melanjutkan perjalanan, soalnya perjalanan ke Spazio dari Suramadu sekitar satu jam lebih. Selama perjalanan kami banyak nanya soal tempat yang akan kami tuju, soalnya jaraknya yang lumayan jauh dan kami juga belum pengalaman kesana. Kurang lebih 8 kali bertanya akhirnya kami sampai juga di tempat tujuan yaitu ke Spazio Building. Sesampainya di Lokasi tingkah ndeso ku muncul lagi, mulai dari terkejut melihat gedung-gedung yang menjulang tinggi sampai pada pertama kalinya aku naik lift untuk menuju ke gedung Forward Factory yang letaknya di Lt. 7 geung Spazio.

Akhirnya kita sampai juga di tempat pertemuan dan kami langsung disambut oleh panitia dan segera mengisi absen kehadiran sekaligus mencari tempat duduk yang pas untuk mendengarkan pemateri saat acara berlangsung. Sambil menunggu acara dimulai kami dipersilahkan untuk menikmati camilan yang disediakan oleh panitia pelaksana.

Setelah molor 15 menit, Acara GDG dimulai dengan pemaparan oleh seorang wanita cantik yang baru saja bergabung dengan Start Surabaya dengan startup yang ia gagas adalah aplikasi "anterindong", sejenis aplikasi delivery yang siap mengentarkan pesanan kemana saja. Namun beliau tidak banyak memberikan materi dikarenakan apkikasinya yang juga masih "Under Construction" dan kira-kira bulan depan baru bisa Online.

Yupz, selanjutnya tanpa panjang jeda materi langsung dilanjutkan oleh "Mas Yoza" yang beliau dari "dicoding.com", Dicoding merupakan jembatan bagi para developer khususnya mobile yang sudah bisa membuat aplikasi-aplikasi keren, namun masih tersimpang saja di drive komputer atau di cloud tanpa ada orang yang tahu aplikasinya. Nah Dicoding menjembatani developer tersebut untuk memperkenalkan aplikasinya sehingga bisa di download dan bisa digunakan oleh banyak orang. 
Maz Yoza menjelaskan didoding.com
Maz Yoza menjelaskan didoding.com
Tidak hanya itu developer tersebut juga mendapatkan reward dari dicoding jika aplikasinya banyak yang download atau menang challenge yang diadakan Dicoding. dan point rewardnya bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah yang disediakan dengan point-point tertentu. Namun menurut Mas Yoza, reward yang paling banyak di redeem adalan pulsa dengan jumlah penukaran 25 point untuk 25 ribu.
Mas Frans menjelaskan Android Studio
Mas Frans menjelaskan Android Studio
Dan Kini sudah mencapai Acara Inti yaitu workshop tentang "Design UI Material Design dengan Android Studio" yang di pimpin langsung oleh "Mas Frans Siswanto". Pada workshop kali ini sesuai tema yaitu membuat design UI Material design dimana Material design ini adalah tampilan baru dari google untuk Android 5.0 (Lolipop). Mas Frans memberikan pelatihan tentang Cara membuat aplikasi TODO yang dimana komposisinya adalah : Sebuah activity yang disana berisi Floatinf Action Button, ketika FAB tersebut di tap maka akan tampil dua sub menu untuk membuat Note / Catatan. Untuk lebih jelasnya tampilan aplikasinya adalah seperti video dibawah ini.

Acara GDG Surabaya kali ini sangat menyenangkan karena banyak pengalaman yang aku dapatkan, mulai dari pengalaman jalan-jalan ke Surabaya walau tidak tau medannya, namun kami bermodal nekat sehingga walau tidak tau daerah tersebut pasti sampai kalo nekat, pengalaman pertama kali naik lift *Hehehe Maklum Ndeso...* , teman baru para developer, Ilmu baru, dan yang paling penting adalah Pengalaman yang sangat berharga buatku.

Semoga Aku bisa mengikuti Acara-acara keren selanjutnya. Aamiin...
Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak