#NgoprekBareng Virtualisasi Server Bareng Mbah Suro Dhemit

#NgoprekBareng Virtualisasi Server Bareng Mbah Suro Dhemit #NgoprekBareng Virtualisasi Server Bareng Mbah Suro Dhemit #NgoprekBareng Virtualisasi Server Bareng Mbah Suro Dhemit
Sebelum membahas tentang #NgoprekBareng saya, mending kita tau dulu apa itu Virtualisasi?? Virtualisasi adalah penciptaan sebuah versi virtual (bukan sebenarnya)  suatu entitas, seperti sistem operasi, server, perangkat penyimpanan atau sumber daya jaringan. Mungkin tahu sedikit tentang virtualisasi jika Anda pernah membagi hard disk menjadi beberapa partisi saat melakukan Instalasi. Partisi pembagian satu hard disk menjadi dua hard disk secara logik.

Setelah acara Rilis Party Ubuntu 15.05, Pembicara kedua "Mbah Suro Dhemit" memberikan workshop kepada peserta dan panitia pelaksana Kegiatan rilis party. Workshop ini bisa adalah #NgoprekBareng tentang bagaimana membuat virtualisasi server dari dasar. Workshop dimulai dari jaringan dasar. Mulai dari cara "Crimping" yang baik, Memperkenalkan OSI Layer, tentang IP Address serta subnetting secara mendetail sehingga kami faham betul tentang jaringan dasar.

Workshop dilanjutkan dengan demo cara setting Mikrotik. Dimulai dari cara melakukan RESET pada mikrotik, baik itu menggunakan Hard Reset serta Soft Reset. kemudian dilanjutkan pada melakukan setting Mikrotik dasar. Cara setting IP di Mikrotik..

Tidak hanya setting Mikrotik saja yang diajarkan oleh Mbah Suro Dhemit, kita juga diajari tentang melakukan virtualisasi Server dengan Proxmox. Pada tahap ini kami diajari bagaimana membuar Virtual Server dengan software opensource yaitu Proxmox. Nah nanti server ini yang bisa digunakan sebagai server untuk meng-onlinekan Pamekasan. Setidanya itulah yang diharapkan Mbah Suro Dhemit kepada kami. "Kalau sudah bisa membuat bvirtual Server, maka ayo langsung jadikan Pamekasan Go Online", saran Mbah Suro Dhemit kepada kami pada proses Instalasi Proxmox.

Berikut rangkaian Kegiatan #NgoprekBareng bersama Mbah Suro Dhemit di Telecenter Global Pamekasan Tanggal 17 Mei 2015 :

Pelatihan Hari Pertama tentang Pengkabelan
Dasar Jaringan - Pengkabelan Jaringan
Pembelajaran pertama, yaitu tentang Jaringan dasar bagaimana mamasang jaringan yang baik, diperkenalkan semua yang berhubungan dengan jaringan, baik hardware maupun softwarenya, bagaimana teknik pengkabelan yang baik, serta teknik crimping kabel UTP dengan konektor RJ-45

Pembelajaran Konsep Dasar Jaringan
Konsep Jaringan Dasar
Pembelajaran berlanjut pada Konsep Dasar Jaringan Komputer. disini dijelaskan mengapa ketika ingin memasang suatu jaringan harus ada konsep matang dulu sebelum dieksekusi pasalnya sudah ada point-point penting yang harus dipenuhi saat ingin memulai  memasang jaringan.

Pembelajaran tentang OSI Layer
Pembelajaran tentang OSI Layer


Pembelajaran dilanjutkan dengan pengenalan OSI Layer, yang memang Wajib diketahui jika seseorang ingin menjadi sistem admin sebuah jaringan komputer.

Pembelajaran Tentang Setting Mikrotik
Pembelajaran Tentang Setting Mikrotik
Cara setting mikrotik langsung dilanjutkan setelah kita mempelajari tentang jaringan dasar. Pada tahap ini kami diajari mulai dari cara Reset, setting IP, DNS serta masih banyak konfigurasi yang kami pelajari pada tahap ini.

Pembelajaran Virtualisasi Server dengan PROXMOX
Pembelajaran Virtualisasi Server dengan PROXMOX
Nah, pada tahapan ini kami belajar tentang bagaimana membuat virtualisasi Server menggunakan sebuah software opensource yaitu "PROXMOX". Pada tahap instalasi server ini cukup mudah dan cepat. Namun manfaat yang diperoleh dari server ini sangat banyak. Setidaknya bisa lah untuk meng-Online kan Pamekasan menjadi "Pamekasan Go Online".  

Pemberdayaan Internal suatu Komunitas
Pembelajaran Hari ke-2 tentang Pemberdayaan Internal suatu Komunitas

Pembelajaran Masih berlanjut di hari kedua, dimana pada kali ini pembelajaran lebih di fokuskan kepada pemberdayaan Internal dari diri sendiri serta komunitas, instansi dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan servernya, menginstall CMS, Radio Streaming, dan masih banyak lagi yang kita pelajari.

Demikian kegiatan #NgoprekBareng kami bersama KSL Pamekasan dan Mbah Suro Dhemit. Untuk Video Pembelajaran tentang Setting Mikrotik bisa dilihat di Video dibawah Ini :

Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak