Tetap Produktif Selama #DiRumahAja di Masa Pandemi

Tetap Produktif Selama #DiRumahAja di Masa Pandemi
Tetap Produktif Selama #DiRumahAja

Pandemi ini memang memberikan dampak pada beberapa kegiatan kita. Dua tahun berlalu, berbagai kebijakan dari Pemerintah mulai dari ajakan untuk menerapkan protokol kesehatan, memberlakukan PSBB hingga PPKM yang sedang kita jalani sampai sekarang ini. Menggalakkan Social Distancing dengan tetap #DiRumahAja untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Pada awalnya aku senang #DiRumahAja karena ada lebih banyak waktu bersama keluarga. Yang sebelumnya ketemu anak istri seminggu atau dua minggu sekali, kini bisa hampir tiap hari selalu bersama mereka. Rasa bosan kadang terasa karena menjalani aktifitas yang itu-itu saja, biasanya sering keluar untuk sekedar nongkrong ataupun liburan bersama keluarga, kini lebih bijak jika kita memilih untuk tetan dirumah saja.

Banyak juga kegiatan positif yang bisa kita lakukan selama #DiRumahAja. Inilah beberapa kegiatanku selama di Rumah saja.

Melakukan Olahraga Pagi

Hikmah yang aku dapatkan ketika kantor menerapkan Work From Home adalah bisa lebih sering olehraga pagi sembari berjemur. Ada beberapa kegiatan yang biasa aku kerjakan bersama keluarga kecilku, mulai dari sepedaan, jogging mengelilingi kampung kecilku, bermain bersama si kecil di Halaman Rumah sampe main badminton bareng keluarga dan teman-teman kampung. 

Buat yang merasa bosan karena di rumah saja, mending perbanyak olahraga deh, lumayan kan bisa menyehatkan badan, dengan berjemur kita juga bisa meningkatkan vitamin D dalam tubuh sehingga fungsi otot dan saraf menjadi lebih terjaga. Sistem imun pun terbentuk dengan vitamin tersebut sehingga Anda bisa lebih kuat melawan infeksi yang mungkin ditimbulkan bakteri dan virus.

Mempelajari Skill Baru

Selama melakukan kegiatan Work From Home, aki bisa banyak mempelajari hal-hal baru seperti mendalami tentang ilmu programming malalui course, eksplorasi hobbi serta mengembangkan hobi baru yang menyenangkan.

  • Belajar Programming melalui Online Course

Memiliki lebih banyak waktu luang karena selama WFH task kerjaan tidak sebanyak sebelum pandemi bisa aku gunakan untuk mengembangkan skill di bidang yang aku kuasai, yaitu di bidang Programming. Beberapa platform kursus online banyak menawarkan diskon menarik selama pandemi yang membuatku membeli beberapa course tentang mobile development dan web development. 

 Saat belajar melalui situs kursus online, pastinya membutuhkan koneksi yang stabil serta kuota data yang cukup banyak. Bersyukurlah kamu yang Rumahnya sudah tercover jaringan internet provider. Karena Rumahku di daerah pedesaan, aku belajar online hanya menggunakan jaringan full 4G dari Smartfren. Produk terbarunya “GOKIL MAX” sangat membantu kegiatan belajarku, karena selain koneksinya yang stabil kuotanya juga melimpah. 

Banner Smartfren GOKIL MAX
Banner Smartfren GOKIL MAX

Aku pakai Smartfren GOKIL MAX yang 36GB dengan harga 70ribu. Kuota yang aku dapatkan 12GB di kuota nasional, 24GB Kuota lokal Madura, serta ekstra kuota malam full speed 70GB yang bisa diakses dari pukul 01.00-05.00 wib. Jadi kalau dihitung dengan harga 70ribu saja Smartfren memberikan total 106GB sebulan. GOKIL.

Mau tahu lebih detail Smartfren GOKIL MAX, silahkan dibaca disini.

  • Belajar Apapun dari Manapun

Selain belajar lebih tentang ilmu IT, aku juga banyak belajar tentang hal-hal baru lainnya seperti belajar tentang ilmu investasi baik di saham ataupun di reksadana. Selain itu aku juga. Banyak belajar tentang ilmu marketing dari beberapa event yang diadakan melalui zoom meeting.

  • Eksplorasi Hobi

Selain di dunia IT, aku juga senang memotret. Memang belum terlalu mahir karena aku belum terlalu banyak eksplor, biasanya hanya memotret moment-moment tertentu atau memotret apapun yang sekiranya terlihat bagus untuk difoto. Nah, semenjak pulang ke Desa aku jadi lebih banyak eksplor tentang hobi motretku ini. 

Aku belajar bagaimana caranya foto makanan agar lebih menggugah selera. Ternyata menyenangkan juga food photography. Aku bisa belajar lebih dengan cara membatu tetangga yang mempunyai bisnis makanan ataupun snack untuk aku coba fotokan produknya biar lebih menarik.

  • Berburu Harta Karun

Lha, kok berburu harta karun? Yup, benar sekali karena pada tahun 2021 ini Smartfren kembali mengadakan program Smartfren Rejeki Wow Treasure Hunt periode kedua. Kita sebagai kapten bisa mendayung kapal kita menuju pulau-pulau yang berisikan kunci harta karun dengan cara melakukan transaksi sebanyak-banyaknya di aplikasi MySmartfren. 

Di Periode pertama, Alhamdulillah aku mendapatkan harta karun berupa saldo GoPay senilai 50ribu. Dan di periode kedua ini aku ingin ikutan lagi agar bisa mendapatkan harta karun yang lebih besar lagi. Yuk, install aplikasi MySmartfren dan mulau berburu harta karun. Untuk kamu yang baru pertama kali install aplikasi MySmartfren berkesempatan mendapatkan bonus kuota sebesar 5GB.

Informasi tentang Program Smartfren Rejeki WOW bisa dibaca disini.

    Membuat Kebun Mini di Rumah

    Berkebun mungkin adalah salah satu hobi dadakan yang banyak dilakukan oleh sebagian orang, termasuk aku. Aku semenjak banyak waktu dirumah banyak melakukan kegiatan berkebun, seperti menanam sayuran dan cabai di pekarangan rumah, menanam buah-buahan seperti stroberi, tin, anggur dll, serta menanam beberapa jenis bunga atau tanaman hias. 

    umar fadil - kebun mini di rumah
    umar fadil - kebun mini di rumah

    Tidak hanya aku saja mungkin yang selama pandemi jadi memiliki hobi baru yaitu berkebun atau sekedar menanam tanaman hias. Menurut penelitian disebutkan bahwasanya berkebun mempunyai kaitan dengan peningkatan kesejahteraan dan penurunan stres. Orang yang berkebun memiliki penurunan tingkat depresi hingga 13%, mengurangi tingkat stres hingga 16%, dan bisa meningkatkan energi sebesar 12%. 

    Meski demikian, penelitian menyebutkan alasan di atas bukanlah motivasi utama orang-orang berkebun. Menurut penelitian, orang berkebun karena mendapat kesenangan. Ada kepuasan tersendiri ketika merawat tanaman dan melihatnya tumbuh subur.

    Download MySmartfren Challenge

    Oh iya, aku ada kabar bahagia buat kamu para pengguna Smartfren atau yang baru mau menggunakan Smartfren. Nih ada challenge ajakan untuk download dan install aplikasi MySmartfren. Hadiahnya cukup menarik, ada handphone, modem wifi dan voucher data 30 GB.

    umarfadil - download my smartfren challenge
    Download MySmartfren Challenge
     
    umarfadil - download my smartfren challenge
    Ketentuan Download MySmartfren Challenge

    Yuk ikutan bikin juga. siapa tahu dapet rejeki hp baru.

    Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak