Teman Kreasi Bojonegoro bantu UMKM Go Digital
Dampak dari Pandemi Covid-19 ini untuk masyarakat menengah kebawah memang cukup terasa, khususnya bagi para pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang bisnis/usahanya mengalami penurunan bahkan sampai ada yang terpaksa menutup usahanya karena pandemi yang tengah melanda Indonesia ini
Teman Kreasi Bojonegoro bantu UMKM Go Digital |
Tidak hanya para pelaku UMKM, bahkan sekelas perusahaan pun ada yang terdampak sampai ada karyawan yang dirumahkan untuk menutup biaya operasional perusahaan. Hal ini dikarenakan menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi ini
Pandemi ini juga membuat masyarakat lebih kreatif, belakangan cukup banyak bermunculan UMKM kecil skala rumahan. Ada yang membuka usaha masker kain, usaha makanan ringan, catering, bahkan ada yang membuka dibidang jasa seperti percetakan, bimbingan belajar buat siswa yang belajar online dan lainnya.
Teman Kreasi Bojonegoro bantu UMKM Go Digital
Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Untuk sektor wisata Bojonegoro cukup banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi. Aku sendiri baru sekali saja ke Bojonegoro dalam rangka dinas dari kantor. Teman Kreasi Indonesia kini hadir di Bojonegoro.
Teman Kreasi Indonesia Bojonegoro resmi diluncurkan pada hari Sabtu tanggal 18 Januari 2020. Semangat yang melatarbelakangi berdirinya Teman Kreasi Indonesia di Bojonegoro yaitu dengan masuknya teknologi ke desa harus dimanfaatkan dengan baik oleh generasi milenial untuk memajukan desa di era revolusi industri 4.0.
Teman Kreasi Bojonegoro merupakan wadah kokreasi dan buka peluang untuk pemberdayaan masyarakat khususnya di Kabupaten Bojonegoro. Sekarang sudah cukup banyak UMKM yang tergabung dalam Teman Kreasi Bojonegoro, diantaranya ada Ledre, Keripik usus Jumain, Batik Bojonegoro, Rempeyek Bro, Kristal Herbal dan produk UMKM lainnya.
Kegiatan Teman Kreasi Bojonegoro |
Selaras dengan program Teman Kreasi Indonesia yaitu pendampingan UMKM, di Teman Kreasi Bojonegoro sendiri juga sudah mengadakan pendampingan UMKM dalam mengelola produk, mengelola sosial media yang dijadikan tempat pemasaran produknya, serta optimasi-optimasi sosial media untuk meningkatkan omset penjualannya
Selain melakukan pelatihan dan pendampingan, Presiden Teman Kreasi Bojonegoro Kak Didik Jatmiko juga mengajak para pelaku UMKM untuk mengulurkan tangan saling membantu masyarakat-masayarakat yang terdampak pandemi dengan cara melakukan kegiatan bagi-bagi sembako untuk yang membutuhkan.
Apa Itu Teman Kreasi Indonesia
Teman Kreasi Bojonegoro ini merupakan bagian dari Teman Kreasi Indonesia. Nah sebenarnya Teman Kreasi Ingonesia ini program apaan sih? Jadi, Teman Kreasi Indonesia ini merupakan salah satu program dari Smartfren dalam mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.
Perjalanan Teman Kreasi Indonesia ini dimulai dari CSR dari Smartfren di bidang industri kreatif untuk Komunitas Topi Bambu yang ada di Tagerang pada Juli 2019. Ini yang menjadi awal berdirinya Teman Kreasi Indonesia, 6 bulan kemudian di Januri 2020 Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif pertama yang ditempatkan di Bandung Barat. Setelah setahun perjalanan Rumah Kreatif ini maka pada bulan Maret 2021 Smartfren Community Officially melaunching Teman Kreasi Indonesia. Tujuan Teman Kreasi Indonesia ini adalah untuk membuka peluang untuk generasi muda untuk belajar ilmu digital kreatif dan socirpreneurship.
Produk Teman Kreasi Indonesia |
Produk Teman Kreasi Indonesia |
Sampai saat ini sudah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di Seluruh Indonesia. Teman Kreasi Indonesia juga sudah melakukan beberapa kegiatan yang membantu mengembangkan lebih dari 500 UMKM dalam digitalpreneurship sekaligus membuka peluang untuk digitalisasi produk mereka. Contohnya di Teman Kreasi Indonesia Bojonegoro ini, ada kripik usus jumain, ledre dan batik Bojonegoro ini yang sudah mulai go digital. Sebelumnya media pemasaran mereka biasanya dititipkan di warungdan toko terdekat, kini semenjak bersama Teman Kreasi Indonesia produk mereka juga bisa dipasarkan melalui platform online yang menjangkau konsumen lebih banyak.
Kegiatan Teman Kreasi Indonesia
Sesuai dengan misi Teman Kreasi Indonesia yaitu mengembangkan semangan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada. Teman Kreasi Indonesia sering mengadakan kegiatan ataupun pendampingan untuk UMKM yang dikelola Teman Kreasi Indonesia.
Beberapa kegiatan Teman Kreasi Indonesia untuk membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis go digital
- Kelas online melalui media digital bertema pengembangan bisnis
- Event hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan ketat, dan
- Pendampingan atau business coaching secara virtual.
Selain mengadakan kegiatan ataupun pendapingan dan pelatihan bagi UMKM di seluruh Indonesia. Teman Kreasi Indonesia juga mendapatkan dukungan dari Smartfren untuk para peserta UMKM terdaftar yang berupa dukungan modal koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online untuk semua Peserta program Teman Kreasi Indonesia.
Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 102 kota di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat. Berikut di bawah ini adalah foto dokumentasi penyerahan CSR Smartfren untuk program ekonomi kreatif melalui Teman Kreasi Indonesia.
Smartfren Meraih Anugerah Inovasi Indonesia 2021
Gerakan sosial “Teman Kreasi Indonesia” yang diprakarsai oleh Smartfren telah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021.
Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren saat menerima penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 |
Ini adalah kedua kalinya Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, setelah pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community. Kedua penghargaan ini mengukuhkan posisi Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.
Upaya untuk memajukan dan membantu masyarakat diwujudkan Smartfren dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. Semangat perusahaan untuk terus melakukan inovasi adalah berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra dan masyarakat. Segala hal yang dilakukan Smartfren akan selalu kembali ke masyarakat. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital.
Smartfren sebelumnya telah berhasil meraih Penghargaan Utama Kategori Sustainability dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020. Adapun, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.
penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 |
Sekali lagi, selamat dan sukses untuk Smartfren atas Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Semoga dengan adanya Teman Kreasi Indonesia, UMKM di Bojonegoro khususnya dan di Indonesia bisa lebih maju.
1 komentar