2021: Open Possibilitties & Growing Together With Smartfren Community

2021 memang tahun yang sangat berat untuk dijalani, namun seberat apapapun kita harus tetap buka semangat untuk buka peluang.
Open Possibilitties & Growing Together With Smartfren Community
Open Possibilitties & Growing Together With Smartfren Community

Tahun 2021 sudah berada di penghujung, bentar lagi udah mau 2022 saja nih. Ada banyak banget parubahan selama 2 tahun terakhir semenjak Covid-19 menjadi pandemi di Indonesia dan dunia.  Tahun 2021 merupakan tahun yang sangat berat untuk dijalani, mulai dari penerapan PPKM yang terus diperpanjang sehingga berdampak pada kegiatan masyarakat di Indonesia. 

Sepanjang 2021 saya lebih seringnya di rumah saja, menjalankan kegiatan seperti biasanya bekerja dan kegiatan lainnya, sedikit bertbeda memang dengan tahun-tahun sebelumnya, sekarang kita lebih sering melakukan segala sesuatu serba online, mulai dari mengikuti meeting, mengikuti kegiatan belajar/seminar, sampai belanja pun lebih sering online.

Nah, apa saja ya kira-kira kegiatan saya selama dirumah saja di tahun 2021, berikut kaleidoskop 2021 versi saya pribadi. 

Bergabung dengan Smartfren Community

Akhir tahun 2020, saya di ajak salah satu teman baik saya untuk bergabung bersama Smartfren Community. Dan pada awal tahun 2021 Saya dikukuhkan untuk menjadi salah satu leader dari Smartfren Community untuk Regional Sampang. Agak canggung memang, karena orang-orang dibalik Smartfren Community adalah orang-orang yang keren dan terbaik. Beberapa dari leader Smartfren Community ada yang sudah saya kenal sebelumnya. 

Banyak hal-hal baru yang saya dapatkan di Smartfren Community, saya belajar tentang bagaimana mengelola sebuah community, juga belajar ngomong dengan cara menjadi host di online class Smartfren Community dan masih banyak lagi nih yang saya bisa dapatkan dari SFCom.

Belajar dan Mengembangkan Skill Baru

Semenjak bergabungnya saya di Smartfren Community, saya banyak belajar hal-hal baru disini. Mulai dari belajar publik speaking, belajar untuk ngomong di depan publik dengan cara menjadi host di live instagram @smartfrencommunity. Tentunya ini skill yang sangat bermanfaat yang saya pelajari, dimana sebelumnya saya itu sangat tidak percaya diri untuk berbicara didepan banyak orang.

Selain belajar tentang publik speaking di Smartfren Community, saya juga mempelajari hal-hal baru lainnya, seperti ilmu digital marketing, perencanaan dan pengelolaan keuangan dan upgrade skill tentang koding tentunya. 

Buka Peluang bersama Teman Kreasi Indonesia

kacang mede

Setelah belajar mengenai dasar-dasar bisnis dari internet dan dari Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, akhirnya saya mencoba untuk membuka usaha sendiri di rumah. Saya menjalankan usaha dibidang makanan ringan, kacang mede salah satunya.

For your information, Teman Kreasi indonesia marupakan wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital. Saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota.

Oke, balik lagi ke kacang mede. Di daerah sekitaran rumah saya cukup banyak orang yang memiliki tanaman jambu mente, dimana mereka menanam buah tersebut untuk diambil kaca mede nya untuk diolah dan dijual. Saya melihat itu sebagai peluang yang bagus melihat stok kacang mede di daerah saya itu sangat melimpah. 

Teman Buka Peluangku adalah Smartfren Unlimited

Dalam mengembangkan bisnis dimana sekarang sudah serba online, maka perlu ada paketan internet yang stabil dan pastinya koneksinya kencang. Nah, kalau saya pribadi sih menjadikan Smartfren Unlimited sebagai #TemanBukaPeluangmu dalam menjalankan usaha.

Kenapa Smartfren Unlimited? Karena Smartfren Unlimeted merupakan paket internet dari Smartfren yang memberikan layanan akses internet Unlimited di semua aplikasi dan berlaku di semua jaringan Smartfren, serta tambahan benefit Unlimited Nelpon ke Sesama Smartfren. Dengan paket Unlimited ini maka pelanggan tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan kuota pada saat mengakses layanan internet.

Smartfren unlimited tersedia dalam beberapa pilihan, diantaranya

Harga Masa Aktif FUP
Rp 22.500 7 hari 1GB per hari
Rp 55.000 28 hari 500MB per hari
Rp 80.000 28 hari 1GB per hari
Rp 100.000 28 hari 1,5GB per hari

Selain mendapatkan kuota dari paket unlimited, Smartfren juga memberikan memberikan kuota unlimited fullspeed yang otomatis aktif pada pukul 01:00-05:00 WIB. Kuota ini tidak akan akan mengurangi jatah pemakaian wajar kita setiap harinya.

Bagaimana Tentang 2022?

Kalau ngomongin awal tahun nih, biasanya banyak orang yang mulai membuat resolusi-resolusi tahun 2022. Mulai dari list impian yang ingin dicapai, barang-barang yang ingin dibeli dan hal-hal baru yang ingin dipelajari di tahun 2022.

Kalau saya sendiri sih, tidak terlalu banyak membuat resolusi untuk tahun 2022, karena pengalaman tahun-tahun sebelumnya saat membuat daftar list resolusi hampir tidak tercapai semuanya. Maka dari itu saya sendiri untuk 2022 tidak banyak membuat daftar.

Salah satu nih, tahun 2022 saya ingin melanjutkan project yang sempat tertunda beberapa tahun lalu. Jadi ceritanya nih 2019, kami ada ide kecil-kecilan untuk membuat digitalisasi destinasi wisata di Madura. Setalah persiapan semuanya dikira sudah mantap, kami langsung eksekusi proses pembuatannya. Namun setelah kure-kira 50% pengerjaan, project ini terpaksa di-pending dikarenakan adanya kesibukan dari kami dan tim.

Nah, di tahun 2022 ini kami akan melanjutkan kembali pembuatan aplikasi pariwisata ini sampai selesai. Alhamdulillah data-data wisata, event dan gambarnya sudah hampir lengkap tinggal eksekusi lagi. Doakan kami dan tim ya agar bisa menyelesaikan ptoject kecil-kecilan kami ini.

Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak